Friday, August 4, 2017

Ringkasan Isi BAB 1

Bab 1 adalah sangat penting didalam penulisan tugas akhir dimana Bab 1 ini merupakan awalan dari penulisan tugas akhir dan apa yang menjadi latar belakang kenapa kita melakukan penelitian dan sebagai bahan awal dan keterkaitan ke bab selanjutnya dan menjadi sangat penting untuk diperhatikan dan dibuat lebih jelas dan terstruktur.

Adapun isi dari Bab 1 adalah 

1. Latar Belakang Masalah
2. Rumusan Masalah
3. Batasan Masalah
4. Tujuan Penelitian
5. Manfaat Penelitian

Masing-masing Sub Bab ini harusnya mempunyai hubungan keterkaitan satu sama lainnya mulai dari Latar Belakang Masalah sampai dengan Manfaat Penelitian.

Namun dalam implementasinya sering dijumpai tidak ada hubungannya antara sub bab.

Misalnya dijelaskan di latar belakang masalah yaitunya adanya permasalahan sistem manual diperusahaan tersebut namun di rumusan masalahnya tidak dijelaskan dan disebutkan tentang sistem manual.

Berikut ini adalah sebagai referensi keterkaitan dan hubungannya dari sub bab ke sub bab. Dan sebagai referensi untuk penulisan Bab 1.

1. Latar Belakang Masalah

Hal yang perlu diperhatikan di sub bab Latar Belakang Masalah adalah bahwa penjabaran permasalahan harus jelas dan terdeskripsi dengan jelas, masih banyak berisikan tentang perkembangan teknologi, sejarah perusahaan, bisnis-bisnis dan produk-produk yang dihasilkan.

Pada sub bab Latar Belakang Masalah juga tidak perlu bercerita tentang panjang lebar bahkan sampai 3 halaman, cukup 1, 1 1/2, 2 halaman, saya pikir cukup 3 paragraph saja isinya. Paragraph pertama sebagai paragraph pembuka berisikan tentang perkembangan teknologi informasi, programming, software, hardware sesuai dengan judul penelitian kita, paragraph ke 2 berisakan tentang permasalahan dan inti dari permasalahan yang ada sehingga kita tertarik untuk melakukan penelitian dengan topik ini dan paragraph terakhir penutup.

Contoh :


2. Rumusan Masalah

Hal yang perlu diperhatikan di sub bab Rumusan Masalah adalah bahwa permasalahan yang sudah dijelaskan dan dideskripsikan pada latar Belakang Masalah di rumuskan kembali menjadi point-point di rumusan masalah sehingga akan lebih jelas dan detail permasalahan yang sebenarnya yang membuat kita melakukan penelitian lebih lanjut.

Contoh :

3. Batasan Masalah 

Di Batasan Masalah ini kita menjelaskann ruang linkup masalah yang akan diteliti sehingga bisa kelihatan arah penelitian kita dan dijelaskan juga hal-hal yang tidak kita bahasa sehingga penelitian kita tidak menjadi melebar dan bisa kita batasi.

Contoh :

4.  Tujuan Penelitian

Isi Tujuan Penelitian erat kaitannya dengan perumusan masalah yang telah kita buat sebelumnya dan kita perlu menjelaskan kenapa kita melakukan penelitian dimana tujuan dapat menyelesaikan masalah-masalah yang kita rumuskan sebelumnya

Contoh :

5.Manfaat Penelitian

Nah di Manfaat Penelitian ini lebih enak lagi membuatnya dimana tinggalkan kita hubungkan dengan Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian. Dan yang pasti isi dari Manfaat Penelitian ini adalah betapa pentingnya Penelitian ini dilakukan sehingga dengan selesainya permasalahan tadi bisa terasa manfaatnya.

Contoh : 

Jadi jelas bahwa masing-masing sub bab dari Bab I ini harus saling terhubung kalimatnya dan saling berkaitan dengan latar belakang masalah bukan berbeda-beda ceritanya.

Terima kasih 






No comments:

Post a Comment