Saturday, September 29, 2012

SIM 1: SIM di Era Globalisasi

Perkembangan peradaban manusia dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Seorang ahli futurologi Alvin Toffler membagi perkembangan peradaban manusia menjadi 4 gelombang, diantaranya
1. Gelombang belum adanya revolusi
2. Gelombang revolusi pertanian
3. Gelombang revolusi industri
4. Gelombang revolusi teknologi

Dan saat ini kita berada di gelombang yang ke 4 yaitu revolusi teknologi termasuk dalam hal ini adalah teknologi sistem informasi.

Tidak bisa dipungkuri lagi bahwa teknologi sistem informasi telah menyentuh semua lapisan kehidupan manusia termasuk dalam hal ini adalah organisasi. Perkembangan teknologi sistem informasi juga dipengaruhi oleh perkembangan hardware sendiri.

Sistem Informasi Manajemen terdiri dari atas 3 kata yaitu Sistem, Informasi dan Manajemen.
Sistem adalah kumpulan dari komponen-komponen/prosedur-prosedur yang saling berkaitan dan berinteraksi dan berhubungan satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan.

Informasi adalah hasil dari pengolahan data yang bermanfaat buat pengambilan keputusan untuk organsiasi
Manajemen adalah seni untuk melaksanakan atau mengatur dan pada manajemen ada 3 level manajemen yaitu low, middle dan top yang kesemuanya. berada dalam 1 organisasi sehingga bisa kita katakan juga bahwa manajemen itu adalah sebuah organisasi yang terdiri dari 3 level manajemen.

Sehingga kalau bisa kita katakan definisi SIM ini adalah sebuah kumpulan dari komponen-komponen dalam hal ini terdiri dari hardware, software dan brainware yang saling berhubungan berinteraksi untuk melakukan suatu proses pengolahan data untuk mencapai tujuan organisasi dan penyelesaian masalah serta pengambilan keputusan pada manajemen. 

Sebuah organisasi memerlukan sumber daya organisasi agar organisasi tersebut bisa bekerja optimal dan mencapai tujuannya. Sumber daya organsiasi ini dikenal dengan 5 M yaitu.
1. Man 
2. Money
3. Machine
4. Material 
5. Methode

Namun di Era globalisasi dan informasi dan revolusi teknologi ini, 5M itu saja tidak cukup, perlu ditambah dengan 1M lagi yaitu Management Informasi System.

Investasi untuk implementasi sebuah SIM tidak lah gampang dan murah karena perlu adanya hardware, software dan brainware untuk mengembangkannya, mengimplementasikannya dan menggunakannya. Namun saat ini mau tidak mau, suka tidak suka, sebuah organisasi untuk bisa berkompetisi dan bersaing dengan kompetitornya wajib lah bagi mereka untuk mengimplementasikan SIM.

Beberapa faktor yang melatarbelakangi sebuah organisasi mengembangkan dan mengimplementasikan SIM diantaranya adalah:
1. Sulitnya untuk mengambil suatu keputusan dengan cepat dan kebijaksanaan strategis informasi
2. Sulitnya untuk mendapatkan informasi yang cepat, tepat dan akurat mengenai bisnis organisasi, laporan keuangan, stock barang, perkembangan karyawan, penjualan dan pembelian dll.
3. Volume pengolahan data yang semakin berkembang dan meningkat
4. Perkembangan teknologi hardware. Contohnya adalah munculnya teknologi mobile programming serta sistem operasi yang berjalan di perangkat mobile kita seperti windows phone, windows 8, android, symbian, black berry dll.

Beberapa contoh SIM diantaranya
1. SIM Kepegawaian
2. SIM Penggajian
3. SIM Inventory
4. SIM Perpustakaan
5. SIM Mahasiswa/Siswa/Akademik
6. SIM Perbankan
7. SIM Tour & Travel
8. SIM Koperasi
9. SIM Rumah Sakit/Klinik
10 SIM Penjualan dan Pembelian

Serta banyak lagi SIM yang lain karena memang Sistem Informasi Manajemen ini sudah menyentuh kesemua lapisan kehidupan manusia dan organisasi.

Referensi:
1. Nugroho, Eko, 2008, "Sistem Informasi Manajemen (Konsep Aplikasi dan Perkembang)", Andi, Yogyakarta.
2. Jogiyanto HM, "Analisa & Disain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Aplikasi Bisnis", Yogyakarta
3. Dari berberbagai sumber di Internet

No comments:

Post a Comment