Thursday, November 22, 2012

Relasi Database di Ms Access 2010

Batam, Nov 2012

Ms Access 2010 ada merupakan bagian paket program aplikasi dari Ms Office 2010. Kita bisa membuat program aplikasi dan pengolahan database sekaligus dengan menggunakan Ms Access 2010.

Salah satu fitur dari Ms Access adalah fasilitas untuk melakukan relasi database yang dapat dilakukan dengan mudah di Ms Access.

Pengertian relasi database adalah hubungan yang terjadi pada suatu tabel/file dengan tabel /file lainnya yang saling berinteraksi dan bersinergi satu sama lainnya. 

Hubungan yang terjadi ini mencakupi 3 (tiga) macam hubungan yaitu :
1. One to One
2. One to Many 
3. Many to Many

Langkah-langkah untuk melakukan relasi database pada Microsoft Access 2010 adalah:
1. Klik Tab Database Tool pada Menu Ribbon
2. Klik Icon Relationship pada Group Relationship 
3. Selanjutkan akan tampil jendela Relationship dan jendela Show Table 
4. Pilih tabel yang akan direlasikan dan clik tombol Add
5. Jika semua tabel yang akan direlasikan sudah berada di jendela Relationship, klik Close

Agar suatu tabel dengan bisa direlasikan dengan tabel yang lainnya maka masing-masing tabel harus mempunya atribut Primary Key dan Foreign Key.

Cara untuk menghubungkan Primary Key pada tabel utama dan Foreign Key pada tabel lain adalah dengan cara Klik and Drag saja dengan menggunakan mouse, begitu mouse kita lepas maka akan ada 3 pilihan untuk model koneksinya yaitu:
1. Enforce Referential Integrity
2. Cascade Update Related Field
3. Cascade Delete Related Record

Nah apa dia ini .... ? Kenapa mesti ada pilihan ini ... ?

Referential Integrity merupakan suatu konsep database yang memastikan bahwa hubungan antara tabel tetap konsisten dan menjamin validasi hubungan antara record-record, dimana kita tidak dapat menambah record ke tabel yang berisi foreign key kecuali ada hubungan dengan tabel utama sesuai dengan tabel yang terhubung, apakah itu update maupun delete.

Contoh adalah tabel Employee dan tabel Manager. Tabel Employee mempunyai foreign key  dengan atribut ManagerID yang menunjuk/berelasi dengan tabel Manager di atribut ManagerID adalah Primary Key. Kita tidak bisa menambah record di tabel Employee kecuali  mengambil record dari atribut ManagerID di tabel Manager.

Cascade Update adalah setiap perubahan pada Primary Key di tabel utama, maka secara otomatis mengubah nilai pada record-record yang berhubungan/berelasi dengan tabel utama.

Contoh adalah tabel Employee dan tabel Manager. Apabila dilakukan perubahan Primary Key di tabel Manager, makan secara otomasi mengubah nilai pada record-record atribut Foreign Key pada tabel Emloyee.

Cascade Delete adalah setiap penghapusan pada Primary Key di tabel utama, maka secara otomatis mengubah menghapus nilai-nilai record-record yang berhubungan/bereleasi dengan tabel utama.











2 comments:

  1. Untuk teman-teman yang ingin belajar coding. Coding semua bahasa pemrograman?
    bisa kunjungi ke website kami di Belajar Coding

    ReplyDelete